AKSI NYATA PELATIHAN MANDIRI MODUL 2 (KURIKULUM MERDEKA)
Oleh : Dra. Hj. Nufi Faridah
Untuk membantu mewujudkan perubahan sistematika, guru membutuhkan media yang mudah diakses, sebagai alat untuk membantu mereka meningkatkan dan mengembangkan potensi. Menjawab kebutuhan guru tersebut, platform Merdeka Mengajar hadir sebagai sarana edukasi yang dapat membantu guru menjalankan perannya dalam mengajar, belajar, dan berkarier, untuk mewujudkan merdeka belajar.
Apa Pengertian Kurikulum?
Berdasarkan undang-undang no. 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional Pasal 1 Butir 19 adalah seperangkat rencana dann pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai dengan zamannya dan bersifat dinamis, yaitu terus dikembangkann atau diadaptasi sesuai konteks dan karakteristik murid demi membangun kompetensi sesuai kebuutuhan mereka kinii dan masa depan.
Fungsi Kurikulum
- Kurikulum adalah alat untuk mencapai pendidikan nasional
- Kurikulum merupakann pedoman guru dan siswa agar terlaksana proses belajar mengajar dengan baik dalam rangka mencapai yujuan pendidikan
Mengapa kurikulum perlu diubah?
- Agar relevan dengan perkembangan zaman
- Agar dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa
- Agar dapat menyiapkan generasi cemerlang di masa depan
Saat ini perkembangan teknologi berkembang dengann sangat pesat, pembelajaran terasa sangat membosankan bagi murid apabila dilaksanakan secara konvensional. Oleh karena itu sangatlah diperlukan perubahan kurikulum yang sesuai dengan perkembangann zaman. Dengan adanya kurikulum merdeka, pembelajaran lebihh berpihakk kepada murid.
Mengapa kita perlu adaptasi terhadap kurikulum?
Kurikulum memang dirancang oleh pemerintah pusat. Namun, siswa memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sesuai dengan lingkungan. Maka dari itu, satuan pendidikan perlu melakukan adaptasi kurikulum dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan konteks dan karakteristik satuan pendidikan termasuk peserta didik.
Kesimpulan :
- Kurikulum perlu mengalamii perubahan sesuai dengan perkembangan zaman
- Kurikulum bersifat dinamis dan terus diadaptasi sesuai konteks dan kebutuhan siswa untuk membangun kompetensi sesuai masa kini dan masa yang akan dating
- Kondisi lingkungan peserta didik harus dipertimbangkan dalam menyusun kurikulum pada satuan pendidikan
Pendidikan memberikan tuntunan (menuntun) terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi -tingginya baik sebagai manusia ataupun sebagai anggota masyarakat.
–Ki Hajar Dewantara
Kita butuh Inovasi yang berarti, para guru handal berproses didalam pesantren
Belajar Lebih Relevan dan Menyenangkan Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek
Belajar Lebih Bermakna dan Menyenangkan
Kenali Murid Lebih Dalam, Ciptakan Pembelajaran yang Relevan