Pelaksanaan Ujian Lisan Pondok Modern Babussalam Al FIrdaus

Ujian Lisan Menguji Mentalitas Santri

Kamis (01/12), Ujian Akhir Tahun Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) sudah resmi dimulai. Pelaksanaan ujian lisan merupakan tahap awal yang pertama kali akan dilalui oleh seluruh santri se-Babussalam. Inilah salah satu potret kesibukan yang tengah terjadi di Pondok Modern Babussalam Al Firdaus akhir-akhir ini, juga menjadi pertanda bahwa semester Pertama tahun ajaran 1444/2022 akan segera usai.

Ujian lisan akhir tahun kali ini berlangsung selama 6 hari, yaitu sejak hari kamis, 8 Jumadal Ula 1444/01 Desember 2022 sampai dengan hari Selasa, 12 Jumadal Ula 1444/06 Desember 2023. Adapun materi pelajaran yang diujikan pada ujian lisan meliputi Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Al-Qur’an. Ujian lisan ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan intelektual santri dan mengetahui hasil pembelajarannya selama satu semester, selain itu ujian ini juga bertujuan untuk melatih rasa percaya diri dan mentalitas para santri ketika berhadapan dengan para penguji. Apabila santri tersebut memiliki rasa percaya diri dan mental yang tinggi, dia cenderung akan melalui ujian dengan baik dan penuh ketenangan. Juga sebaliknya, santri yang kurang percaya diri, cenderung merasa takut, gerogi, dan menjawab dengan ragu-ragu di dalam ruang ujian, sehingga segala yang telah dihafal dan dibaca menjadi terlupakan seperti hilang sekejap mata.

Pelaksanaan ujian lisan di PMBA mengikutsertakan seluruh guru dan santri. Seluruh sektor yang ada di PMBA pun ikut merasakan bagaimana suasana ujian yang sedang berlangsung. Kali ini, Ujian Akhir Tahun diikuti oleh kurang lebih 100 peserta ujian siswa kelas 1–5 KMI, Adapun ruangan kelas yang dipakai untuk tepat menguji ujian lisan sebanyak 7 ruangan kelas yang seluruhnya tersebar di gedung Saudi dan gedung mesir.

About the Author

Got something to share? Let's hear it.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these